Kamis, 21 Maret 2013

ARTIKEL EKONOMI ISLAM

ARTIKEL
SISTEM EKONOMI ISLAM
SOLUSI PEREKONOMIAN DUNIA
DISUSUN
O
L
E
H
DEDY MUSLIHADI
( A1C011027 )
ANGGOTA:
FORUM KAJIAN EKONOMI ISLAM
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MATARAM
2012/2013

Sistem Ekonomi Islam Solusi Perekonomian Dunia

Pengertian ekonomi islam
           Ekonomi islam merupakan ilmu yang mempelajari prilaku ekonomi manusia yang prilakunya diatur berdasarkan aturan agama islam dan didasari dengan tauhid sebagaimana dirangkum dalam rukun iman dan rukun islam.
Sistem Eokonmi Islam Merupakan Solusi Perekonomian Dunia.
Ya begitulah yang sepatutnya kita katakan terhadap ekonomi islam, karena perkembangan ekonomi islam telah membuktiakan bagaimana ekonomi yang seharusnya dikelola oleh masyarakat maupun pemerintah, diberbagai belahan dunia yang telah membuktikan dan menerapkan sitem ekonomi syariah yang berdasarkan ajaran agama islam yaitu Al-Qur’an dan As-sunnah. Dan sistem ekonomi syariah telah dibuktikannya oleh beberapa negera di dunia ini seperti eropa yaitu ingris pada tahun 2000-an mengalami kemajuan samapai saat ini karena telah menerapkan ekonomi syariah, dan begitu juga di berbagai negara-negara dibelahan dunia ini yang telah mengalami kemajuan yang sangat pesat dalam perekonomiannya. Dan ini menjdai sitem alternative yang makin turunnya reputasi kapitalis di negara-negara eropa. Dan pertanyaannya sekarang apakah kita masih menggunakan ekonomi konvensional yang benar-benar tidak bisa memecahkan permasalahan ekonomi sampai sekarang ini? Apabila dikaitkan dengan sistem ekonomi syariah maka perekonmian dunia masih bisa diselamatkan dari krisis yang sekiaan kali melanda dunia ini, karena islam adalah satu-satunya agama yang sempura yang mengatur seluruh sendi kehidupan manusia dan alam semesta ini, oleh karena itu hanya sepatutnyalah kita menerpakan ekonomi syariah karena ekonomi syariah menjalankan prinsip-prinsip ajaran agama islam yaitu Al-Qur’an dan As-sunnah.

Prinsip-prinsip dasar ekonomi islam

a. Kepemilikan pribadi dan batasnya
          Dalam hal ini islam tidak membagi harta kepemilikan kepada produksi dan konsumsi atau menghasilkan atau tidak menghasilkan. Tetapi dibedakan kepada kriteria diproleh secara halal atau haram, dan di keluarkan kepada jalur yang halal dan haram.

b. Keadilan distribusi
            Yaitu membangun suatu sistem distribusi yang adil dari pada distribusi yang sama terhadap kekayaan.

c. Hak-hak sosial
         Hak sosial kepada kekayaan individu dalam berbagai bentuk. Salah satunya yaitu, memberikan bantuan kepada kerabatnya yang tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup. Tujuannya menghilangkan sifat egois dan kikir.

d. Zakat
          Pungutan wajib yang ditentukan oleh islam yaitu zakat. Yaitu pungutan yang ditarik melalui harta yang diakumulasikan perdagangan, macam-macam bisnis, pertanian, produksi, dan ternak. Tujuannya adalah menciptakan dana untuk membantu secara ekonomi kepada golongan Mustahiq.

e. Hukum waris
       Hukum waris yang intinya untuk mendistribusikan kekayaan yang dimiliki oleh almarhum. Barisan pertama dan pewaris adalah ibu, bapak, istri dan anak. Selanjutnya saudara pria dan wanita. Yang ketiga kerabat dengan almarhum. Maka harta almarhum didistribusikan menrut hukum waris islam.

f. Peranan tenaga kerja, modal dan pengelolan
      Apabila terjadi ketidakadilan dalam transaksi, hukum tidak hanya boleh berintervensi, tetapi mengarahkan kepada regulasi keadilan distribusi profit diantara modal, tenaga kerja, dan pengelolaan.

g. Zakat dan kesejahteran social
           Tujuan zakat dan shodakoh yaitu untuk diperuntukkan untuk kesejahteraan sosial.

h. Ekonomi bebas riba
             Karena riba telah diharamkan terhadap seluruh operasi pada system ekonomi.

i. Hubungan antara ekonomi, politik, dan aturan sosial
         Hubungan ini tidak bisa dipisahkan karena merupakan suatu system yang timbul dari iman kapada Allah dan utusan-Nya.
Dari pemaparan diatas bahwa ekonomi islam merupakan solusi permasalahan perekonomian dunia yang telah dibuktikan oleh negera-negara Eropa yang sejak lama memakai system kapitalis dan sampai saat sekarang, telah mulai menerapkan ekonomi syariah yang juga telah diakui secara resmi oleh Bank Dunia dan menjadikannya sebagai sebuah area prioritas dalam program sektor keuangan. Penerapan ini diutamakan oleh pemerintah Negara-negara Eropa untuk mengatasi problema sosial di negaranya.

1 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya, sangat membantu.
    salam kenal dari saya mahasiswa fakultas Ekonomi :)

    BalasHapus